expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday, May 5, 2016

SEVENTEEN - First Love & Letter Album Review #SEVENTEEN1stWin

    Udah hampir 9 bulan gue nunggu waktu comebacknya Seventeen. "Seventeen kapan comeback? Seventeen kapan comeback?" Akhirnya, pada tanggal 25 April 2016 mereka pun kembali gengs! Kali ini, ada yang beda lho dari SEVENTEEN! Mereka kembali bukan dengan mini album lagi. Tetapi, untuk pertama kalinya, SEVENTEEN kembali dengan membawa sebuah full-length album! Title track mereka kali ini berjudul "Pretty U".


  Neo Yeppeuda!~  

    Full album mereka yang pertama ini bertajuk "First Love & Letter". Sama seperti album mereka sebelumnya yaitu "Boys Be", album ini dibagi menjadi dua versi. Versi pertama adalah "First Love" yang mempunyai cover berwarna pink, dan versi kedua adalah "Firs Letter" yang mempunyai cover berwarna kuning. Album ini berisi photobook, 3 buah postcard, 1 random photocard, poster dan 1 set stiker perangko.



Kalau covernya beda, apa isinya juga beda? Of course dong. Isi foto yang ada di versi "First Love", lokasi tempat pengambilan fotonya semuanya di alam. Maksudnya, di luar ruangan, di lapangan terbuka. Sedangkan, isi foto untuk versi "First Letter" disesuaikan dengan isi surat yang tiap-tiap member SEVENTEEN tulis dengan tulisan tangan mereka sendiri. Misalnya, isi surat Seungkwan mau ngasih perhiasan gitu ke cewenya. Jadi, foto yang ditampilin foto dia pas lagi milih perhiasan. Oiya satu lagi, kalo di versi "First Letter", di bagian belakang photobook ada kumpulan foto SEVENTEEN hasil photobox gitu! YAAMPUN SUMPAH ITU UCUL BANGET.

Daripada penasaran gimana isi album ini, mending buka video unboxingnya aja "Click Here". Abis nonton videonya gue seakan udah puas gitu/?

Terus, buat comeback ini mereka juga ngubah tulisan SEVENTEEN guys! Di album "Boys Be"  sama "First Love & Letter" tulisan SEVENTEENnya sama-sama dibuat miring. Bedanya, di album "First Love & Letter" huruf S nya mereka bentuk jadi bentuk hati, dan itu ucul banget!

 Photo Teaser Per Member

   Demi apapun foto teaser woozi itu bener-bener mengguncang hati dan menggetarkan jiwa. UCUL BANGET SIH?! KAN JADI GEMES?!!?! Senyum kaya gitu aduh... doi udah kaya puppy banget wajahnya. GAKKUAT GUE. Kaya anak kecil banget megang balon gituuuu... Rambutnya juga gue suka banget.

 
Comeback SEVENTEEN kali ini sungguh berbeda dibandingkan comeback sebelumnya yaitu Mansae, their hairstyle guys!! Gaya rambut kaya anak remaja kalem yang gak pake cat rambut namun hanya bermodalkan pomade ternyata bikin SEVENTEEN malah tambah ganteng dan manis. Dino dan Hoshi, bias kedua dan ketiga gue setelah Woozi berhasil bikin gue diabetes karena kemanisan mereka. Serius mereka manis banget di foto teaser ini 

 


 
Sumpah Pretty U era ini bener-bener eranya buat The8. Kenapa? RAMBUTNYA GHAES!! BADAI! Gue sangat bersyukur rambut The8 gak dianeh-anehin, dikriting-kritingin lagi. Walaupun memang dengan rambut keriting The8 jadi emesh-emesh gitu deh. Tapi dengan rambut yang sekarang, pesonanya lebih keluar, gantengnya kentara.




 
Joshua rambutnya kece parah. Aku tu gak bisa diginiin?! Terus rambut Junghan... Rambut Junghan... JUNGHAN POTONG RAMBUT! Gue gak bisa nilai Junghan lebih cocok rambut pendek apa panjang, yang jelas, dia mau rambut kaya gimana aja cocok kok.


  
Pertama kali gue ngeliat foto teasernya S.Coups gue langsung keinget sama fotonya waktu predebut dulu. Dulu jaman predebut susah nyari foto Seungcheol alias S.Coups, jadi foto ini adalah foto predebut Seungcheol yang paling gue inget. Fotonya sama-sama megang anjing, jadi gue kira anjingnya sama, eh ternyata engga woee wkwk...



 The Music Video

Yuk yang belum tonton MV nya tonton dulu MV nya! Buat yang udah nonton, ya... tonton lagi dong! Itung-itung nambah viewers, sekalian biar Seventeen bisa jadi juara 1 di music show guys!~


Baca juga Review MV SEVENTEEN - Pretty U versiku ya! "Click Here"

Sebenernya gue mulai buat postingan ini dari tanggal 4 mei kemaren, ya cuman baru selesai dan gue publish tanggal 5 mei ini. Dan tahu gak sih guys kemaren ada apa? Kemarin adalah kemenangan pertama SEVENTEEN di acara music show!! #SEVENTEEN1stWin AKHIRNYA SEVENTEEN MENANG JUGA!    


Akhirnya pada tanggal 4 Mei 2016, untuk pertama kalinya SEVENTEEN menang di acara musik yaitu Show Champion! Mereka semua pada gak percaya kalau mereka jadi juara 1. Hati gue gak kuat pas ngeliat Woozi nangis. Semua member pada ngasih speech, tapi Woozi enggak soalnya dia nggak bisa berenti nangis saking terharunya. Gue sebagai fans jadi ikutan nangis sekaligus bangga dengan keberhasilan mereka. Terus pas Woozi nangis si Jun ngelapin air matanya gitu, YAAMPUN TAMBAH GAKKUAT GUE.




Sehabis menang, mereka langsung siaran V App. Mereka ngitung mundur 321 niru saat-saat mereka menang pas di Show Champion gitu dehxD DUH MEREKA SENENG BANGET BISA MENANG! Dan akhirnya, di V App ini Woozi bisa menyampaikan speech nya (Menit ke 14:52 - 16:32) Pas Woozi mau ngomong si DK niru-niru gaya nangis Woozi yang sembunyi di belakang punggung member gitu DK mah memang suka usilxD Ini translatean menurut gue ya guys, jadi Woozi bilang, kalo dia pernah bilang "Ah gak usah terlalu ngarep lah" kaya gitu. Dia bahkan nggak pernah bayangin kalau mereka bakal menang. Jadi pas 321 lagu Pretty U diputer, dia nggak percaya, ini kenyataan apa bukan? Yang jelas dia bareng member SEVENTEEN lainnya bener-bener kerja keras banget dalam proses pembuatan first full album ini. Jadi gimana caratdeul? Bangga banget bukan kita bisa jadi fansnya SEVENTEEN?



 Performance Stage



 Track List
   Kalau di mini album biasanya berisi 5 lagu, tidak sama halnya dengan full album. Untuk full album mereka yang pertama ini, album mereka berisikan 10 lagu. Dari ke-10 lagu yang ada di album ini, hampir semuanya gue suka. 

 Track List:

01. Chuck (엄지척)
02 Pretty U (예쁘다)
03. Still Lonely (이놈의 인기)
04. Popular Song (유행가)
05. Say Yes
06. Drift Away (떠내려가)
07. 아낀다 (Vocal Team Ver.)
08. 만세 (Hiphop Team Ver.)
09. Shining Diamond (Performance Team Ver.)
10. Love Letter (사랑쪽지)

01 Chuck (엄지척)
Gue bingung gimana mau ngejelasin ini lagu tentang apaan. Chuck / Umjichuck itu artinya thumbs up atau bahasa kitanya jempol ke atas. Lah? Jadi ini lagu tentang SEVENTEEN yang lagi dangdutan? BUKAN GHAES! BUKAN! Jadi, gue gak tau secara pasti lagu ini tentang apaan yang jelas SEVENTEEN minta jempol ke atas buat mereka. Terus, sebelum bagian pre-chorus, sebelum bagian yang ada knock knock nya itu, gue ngerasa nadanya kaya pernah denger gitu. Setelah gue pikir-pikir akhirnya gue tau. Nadanya agak mirip BTS - Danger part Jin nyanyi. Tapi cuman bagian itu aja ghaes, gausah dipikirin wkwk.




02 Pretty U (예쁘다) 
Ini dia main track dari album ini, Pretty U! Lagu ini bercerita tentang seorang cowo yang ingin menyatakan perasaannya kepada cewe yang sudah lama ia taksir. Tapi, si cowo masih bingung mau nembak kaya gimana, ada banyak yang mau dia katakan tapi bingung mau nyampeinnya gimana. Seperti reff dari lagu ini, akhirnya si cowo mengumpulkan semua kata-kata manis buat si cewe biar bikin melting gitu. Nah, reff pertama yang nyanyi kan Hoshi. Untuk reff kedua, Joshua yang nyanyi. Joshua jadi center, tapi ada yang sadar gak sih kalo di showcase Joshua salah gerakan?xD Bukan salah sih, cuman kecepetan. 



03. Still Lonely (이놈의 인기)
Aduh sumpah lagu ini asik banget apalagi bagian "They're like ocean wave~" wkwk. Lagu ini hanya dinyanyikan oleh 7 member SEVENTEEN, yaitu Woozi, DK, Wonwoo, Vernon, Hoshi, Dino, dan Jun. Gue suka banget bagian Hoshi sama Dino nyanyi bareng di bagian pre-chorus. Tapi, dibalik keasikan lagu ini, ternyata lagu ini punya arti yang sedih dan dalem loh ghaes. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merasa hidupnya sangat kosong dan kesepian. Ia tidak mau mengikuti apa yang orang lain biasanya inginkan contohnya menjadi seseorang yang populer. Ia hanya ingin menjalani hidup semaunya. "Hidup-hidup gue kenapa lo yang repot." ya semacam itulah. Selain itu gue juga suka banget reffnya dinyanyiin sama Woozi. AAAKK BIAS GUE.



04. Popular Song (유행가)
Kalau lagu yang satu ini, ceritanya ada cowo yang pengen ngasih lagu buatan mereka sendiri ke cewenya. Judul lagunya "Pop Song" dengan harapan lagu ini bakal terkenal dan tiap si cewe denger lagu ini, bakal keinget si cowo terus. Nah, spekulasikan saja kita (Carat) adalah cewe yang SEVENTEEN maksud di lagu inixD Gue suka banget nada buat reff di lagu ini, walaupun yang dinyanyiin cuman yuhaengga-yuhaengga (유행가) doang.

05. Say Yes
Lagu Say Yes ini hanya dinyanyikan oleh DK dan Seungkwan, duo main vocalnya SEVENTEEN. Kalo kalian lagi galau, dan denger lagu ini, gue pastiin kalian bakal TAMBAH GALAU KARENA SUARA DK DAN SEUNGKWAN YANG KECE ABIS! Gue suka banget pas DK nyanyi "Saranghae Saranghe" ADUH MATI GUE. Lagu ini cocok banget kalo dijadiin soundtrack drama korea wkwk... Lagu ini bercerita tentang seorang cowo yang sedang mengenang kenangan bersama cewenya. Sebelumnya, ia pengen si cewe buat tetep "Stay" sama dia. Makanya, di lagu ini ada lirik "Say Yes". Ia meminta si cewe untuk bilang iya, kalau di bakal "Stay" atau tetep bersama si cowo. Tapi si cewe gak jawab apa-apa: ( BAPER.



06. Drift Away (떠내려가)
Kalau lagu Still Lonely dinyanyikan oleh 7 member, untuk lagu Drift Away ini dinyanyikan oleh 6 member SEVENTEEN. Ke-6 member SEVENTEEN tersebut adalah Joshua, Jeonghan, Seungkwan, The8, Mingyu, dan S.Coups. Lagu ini ceritanya tentang perjalanan hidup aja sih, selama menjalani hidup pasti kita pernah merasakan suka maupun duka. Dan kita sebagai manusia kepengen mengulang kembali kenangan manis, tapi kita tahu itu pasti mustahil. Kenangan itu semua melayang jauh~ melayang jauh~



07. Adore U (아낀다) (Vocal Team Ver.)
Lagu Adore U, tapi yang nyanyiin hanya member dari vocal team aja. Mereka ngubah lagu Adore U yang sebelumnya penuh semangat jadi slow-mellow gitu. Aduh... suara mereka bagus-bagus banget disini.

08. Mansae (만세) (Hiphop Team Ver.)
Bagaimana hiphop team mengubah lagu Mansae menjadi style hiphop team? Sudah dipastikan hampir semua liriknya diubah menjadi rapp. Dan.. menurut gue lagu Mansae jadi kaya lagu-lagu reggae gitu deh/?

09. Shining Diamond (Performance Team Ver.)
Ya namanya juga performance team, jadi so pasti lagunya gak terlalu banyak lirik, tapi lebih dibanyakin musiknya. Masalahnya ini mp3 bukan dvd, jadi kita gak bisa lihat penampilan yang performance team buat untuk lagu ini/?

10. Love Letter (사랑쪽지)
YAAMPUN LAGU INI SWEET BANGET. Personally my fav song in this album! Lagu ini ceritanya tentang cowok yang pengen nulis surat cinta ke cewenya gitu deh. Dari lirik lagunya disampein satu-satu perasaan dia saat lagi nulis surat itu. AAAAKKK POKOKNYA BIKIN MELTING!!! Oiya gue lupa satu lagi. Di lagu ini, WONWOO NYANYI LHO GHAES! Sayangnya, di lagu ini performance team gak kebagian part nyanyi: ( Mereka cuman ikut nyanyi bareng, tapi gak papa sih, gue tetep suka lagu ini!



Kalau kalian pengen download semua lagu yang ada di album "First Love & Letter" ini,  "Click Here".




Sampai disini ya reviewan ku, jangan lupa untuk tinggalkan komentar tentang reviewan ini! Kalau kalian ada kepo-kepo tentang Seventeen bisa tanya aja di kolom komentar ya, insyaallah aku bantu. Jadi, buat kalian yang masih ragu buat ngestan Seventeen tunggu apalagi?Ayo ngestan Seventeen! 





7 comments:

  1. Author, aku gak tau harus apresiasi review-an ini dengan cara apa selain meninggalkan komentar

    Awalnya terdampar disini karena keyword pencarian, "Apa judul lagu Seventeen Thumbs Up dan Chuck sama?" (Aku baru ngestan Seventeen dan lagi gencar download-in lagu mereka) tapi masih minim informasi. Dan ternyata..

    Ini postingan keren banget. Lengkap detail album, foto teaser, mv + perform stage mereka pun udah Author sediain. Bener-bener memberikan pencerahan buat siapa pun yg lagi coba kepoin soal Seventeen.

    Aku bakal banyak coba 'berkenalan' dgn Seventeen lewat blog ini. Jadi, salam kenal ya, Author ��

    Omong-omong biasku di Seventeen itu Wonwoo (jadi maksudnya Author bisa jelasin penilaian Author tentang Wonwoo di balasan komentarku ini barangkali?) Hehe. Biar aku bisa semakin tau karakter dia.

    Sekali lagi, aku sukaaa review-an ini. Makasiii banyak Author utk informasi yh disajikan disini ����

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Kak mau nanya dong, kalo album boys be kan ada 2 versi juga, yg hide & seek version. Itu beda juga gk yah?bedanya apa?. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah aku bahas di review mv mansae, check ya o-o)/ http://pakrsuhaa.blogspot.co.id/2015/09/seventeen-mansae-mv-review.html?m=1

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Bikin review yang boom boom juga donk~ hehe :v

    ReplyDelete
  6. MV review boom boom :D kayak mv review mansae yang kamu buat. Aku suka baca postingan di blogmu >,<

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...